Kamis, 21 Agustus 2014

Strauss Pile

Penjelasan sederhana pengerjaan Strauss pile / Bor pile manual

Strauss pile adalah pekerjaan pondasi dengan cara pengeboran tanah secara manual atau penggerak mata bor nya adalah tenaga manusia. Alat yang simple dan ringkas serta tidak bising dalam pelaksanaannya menjadikan metode ini banyak di gunakan untuk pekerjaan pondasi rumah tinggal 2 lantai / 3 lantai, ruko, gudang, pagar dan lainnya. Kekurangan alat ini adalah terbatasnya pilihan diameter yakni 20cm, 25cm, 30cm, 35cm, 40cm dan kedalaman pengeboran -+6meter, tentu saja itu karena tenaga penggeraknya hanya tenaga manusia.

METODE PEKERJAAN STRAUS PILE
Persiapan kerja

  • persiapan kerja sangat sederhana hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk men-setting alat berupa mata bor, pipa, setang dan alat pendukung lainnya.
Pengeboran
  • Tanah di bor dengan besar diameter sesuai perencanaan tiang strauss, mata bor di putar dan di beri beban tekanan sampai dirasa sudah di penuhi tanah lalu diangkat dan di buang tanahnya, ini dilakukan terus menerus sampai kedalaman yang diinginkan. Pengeboran tanah di kerjakan 2 orang untuk 1alat (kadang ada juga yang dikerjakan 3orang atau 4orang).
 jasa strausss pile
Pembesian      
  • Pengerjaan pembesian dengan pembuatan besi spiral dan pemotongan besi pokok untuk jari jari, dilanjutkan dengan perangkaian keduanya hingga menjadi kerangka tulangan seperti pada gambar.
    strauss pile
    strauss pile/bor pile
Pengecoran
  • Ini adalah tahap terakhir dalam pengerjaan strauss pile, yang jadi catatan apabila lobang bor dipenuhi air (biasanya daerah bekas rawa) maka pengecoran bisa menggunakan pipa paralon ( sebagai pipa tremie ) sebagai penghantar cor supaya tidak bercampur dengan air lumpur dan hasil beton yang lebih baik. tapi apabila tanah kering adukan cor bisa langsung di tuangkan.
    strauss pile
Seperti layaknya pondasi tiang, pondasi ini ditumpu oleh kedudukan beton (pile cap), fungsi kedudukan beton adalah sebagai pengikat pondasi dengan kolom dan sloof, selain itu fungsinya adalah mentransfer beban beban diatasnya. 
 

Bp Arif mengerjakan pondasi strauss pile dengan tenaga atau tukang berpengalaman serta harga kompetitif.
Hp: 081283251696 
       087885185761

Tidak ada komentar:

Posting Komentar